Mungkin sobat ada yang bertanya judul di atas yang hanya terangkai dari 3 huruf.. Qat. Kira2 punya makna apa kata tersebut, barangkali ada juga yang pernah denger atawa sama sekali belum pernah denger.. okeh langsung aja.. Jika suatu saat sobat punya rejeki dan umur panjang lalu bepergian ke suatu daerah di salah satu negara Timur Tengah atau Afrika, cobalah mengambil sehelai daun yang pahit dan kunyahlah, tak lama kemudian kamu akan merasa mendapat dorongan tenaga ‘kedua’, nafsu makan berkurang, dan rasa gembira yang berlebihan tanpa sebab-kecuali karena makan daun pahit itu sendiri. itulah daun Qat. bayangkan kamu mempunyai teman atau sanak-saudara yang berdomisili di Yaman dan sedang mengadakan pesta pernikahan, bukannya kue ataupun cemilan segar yang bisa kamu ambil, melainkan daun Qat! tidak hanya di Yaman, di Somalia dan Ethiopia, persebaran daun pahit ini cukup marak. dijual di pasar pasar tradisional dengan harga 100 ribu rupiah per ikatnya. jadi, jangan coba coba memetik Qat dari sebuah kebun karena kemungkinan kamu akan ditembak. oke, mungkin tidak seekstrem itu, namun yakinlah, daun Qat adalah komoditi yang cukup diperhitungkan di negara negara yang disebutkan tadi,bung. 65% pria dan 35% wanita mengkomsumsi daun Qat. karena efek‘menyenangkan’ yang dibawa dari daun ini, peluang untuk mendapatkan uang, dan masih longgarnya adat-istiadat, seorang ibu menyusui bahkan anak anak sekalipun tidak menolak untuk tidak mengunyah daun Qat-umumnya di pagi hari sebelum beraktifitas dan sore hari saat bersantai.

Setiap hari, daun Qat dikirim keluar Yaman diperdagangkan di negara negara Eropa, Australia, dan Amerika Utara. semakin banyaknya orang yang mengkonsumsi Qat memaksa area tanam tumbuhan ini meningkat 10 kali lipat di tanah Yaman sejak 1970. bahkan di Ethiopia, daun Qat merupakan komoditi utama dalam sektor perdagangan luar negeri. meskipun nampaknya bagus untuk perekonomian negara Afrika tersebut, muncul kekhawatiran. disamping karena sifatnya yang adiktif atau membuat ketagihan, di Somalia timbul masalah kesehatan jiwa dari salah seorang konsumer akibat konsumsi yang berlebihan. bisa jadi ini akan menjadi jenis baru narkotika. sementara di Barat, sejumlah negara terlibat perdebatan dalam menentukan tumbuhan ini menjadi kategori legal seperti tembakau atau kategori ilegal seperti mariyuana, kokain dan ganja. saat ini, ketahuan mengunyah daun Qat di AS, Kanada, dan sebagian besar negara Eropa akan membawa diri kamu ke penjara-tapi mungkin belum terlalu berat pidananya.

Di Arab Saudi, Menanam, mengedarkan dan mengunyah daun Qat yang sangat membahayakan kesehatan tubuh tersebut dilarang bahkan diharamkan. pelarangan dan pengharaman daun Qat berjalan sangat efektif di Arab Saudi karena sangat didukung oleh otoritas pemerintah dan para ulama setempat. sedangkan di Inggris-’tanah hijau penuh kebebasan’ , mengunyah daun Qat masih diperbolehkan namun peredarannya sangat dikontrol otoritas pemerintah.


Gambarnya






HTML Codes

Advertisements

About NcangDaus

Tentang saya? kiranya ngga terlalu penting, nikmatilah tulisan ini tanpa harus tahu siapa penulisnya... :):D:D:D

4 responses »

  1. febriy says:

    Baru denger gan ada taneman begini…. Sodaranya daon kokain jgn2 ya? 😮
    daon yg aneh.. 🙄

  2. mechta says:

    Efeknya spt ganja ya? serem ah….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s