Assalaamu’alaikum. Apa kabar akang teteh mbak mas mpok abang butet dan daeng sekalian.. semoga selalu dalam lindungan, ampunan dan rahmat Allah SWT. berjumpa lagi dengan saya dalam acara dan waktu yang sama.. Hhe. Alhamdulillah sampai saat ini kita masih dapat merasakan bulan penuh rahmat dan barokah.. syaru romadhoon bulan mulia yang di dalamnya diturunkan alqur’an sebagai pedoman hidup manusia sekalian karena di dalamnya terkandung pedoman manusia dalam segala aspek kehidupan yang tentu telah paripurna dan bersifat komprehensif(menyeluruh).

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). -Al Baqoroh: 185-

So, udah jelas bahwa Qur’an adalah sumber dari segala sumber hukum yang sangat layak dijadikan pedoman hidup. Bukan yang lain. Ngga ada sumber hukum terlengkap di muka bumi ini selain apa yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Sunnah. Bahwasanya ISLAM adalah rahmatan lil’alamiyn (rahmat bagi seluruh alam).. bukannya hanya rahmatan lil muslimin maupun lil mukminin.. itu yang difirmankan Allah SWT dan kita percayai itu.

Ramadhan telah memasuki malam ke empat, shaum di siang hari dan shalat sunnah tarawih berjama’ah di malam harinya sudah menjadi rutinitas kita dalam masa-masa penuh barokah ini dan tidak lupa diisi dengan tadarus tentunya, dan bagi saya menyempatkan diri tuk bisa BW dan posting.. ^^

Ngomong soal tarawih, apa memang udah budaya atau bagaimana saya juga kurang ngerti. Di banyak tempat bagi yang tarawihnya 20 + 3 witr biasanya berlangsung dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Mungkin ada yang memang dengan tempo sedang, tapi yang dirasakan selama ini dengan tempo bak supir angkot lagi ngejar setoran alias cepat dan tidak jarang membuat jamaah berpeluh dalam sholatnya.. Hmm, ga ngebayangin kalo ada aki2 renta yang jadi makmumnya..

Hendaknya imam bijak dalam menjalankan fungsinya sebagai imam, melihat kondisi jama’ah yang dibelakangnya juga. Sayang sekali jika shalat tanpa memperhatikan thuma’ninah (berhenti sejenak) dan asal tancap gas.

Tapi bagaimana pun, Ramadhan tanpa tarawih bagai sayur tanpa kuah.. hambar.. karena disitulah salah satu lumbung amalan di bulan penuh berkah ini. Kalau memang kita dihadapkan dengan situasi kurang memungkinkan mending kembalikan aja ke hadits yang di riwayatkan oleh Imam Bukhari.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: Para imam itu shalat untuk kepentingan kalian, kalau mereka benar, kalian dan mereka mendapatkan pahala. Tapi kalau mereka keliru, mereka yang menanggung dosa, kalian tetap mendapatkan pahala.

Toh simpel aja agama ISLAM itu, ngga ada yang memberatkan.. semua “ditanggung” imam.. hhe, jadi imam punya tanggungan besar. Maka jadilah imam yang bijak bagi para makmum ^^

Ada satu lagi kutipan hadits yang diriwayatkan At-Tirmidzi dalam Kitabush Shahih, hadits nomor 360

“Dari Abu Umamah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda: Ada tiga jenis orang yang sholatnya hanya sampai ke batas telinganya saja. Hamba sahaya sebelum ia pulang; wanita yang tidur sementara suaminya dalam keadaan marah kepadanya; dan Imam shalat yang dibenci oleh jama’ahnya”.

Wallahu a’lam.


Coba liat



Masa mau kalah sama SUper Hero..^^

HTML Codes

Advertisements

About NcangDaus

Tentang saya? kiranya ngga terlalu penting, nikmatilah tulisan ini tanpa harus tahu siapa penulisnya... :):D:D:D

4 responses »

  1. ^_^

    nice posting …
    tapi, jujur … kadang suka malez untuk tarawih di masjid … jadinya milih shalat di rumah … tapi kadang juga jadi sebelum sahur … hehehe …

    tipsnya y … ^_^V

  2. ai says:

    selamat berpuasa…mohon maaf lahir bathin 😀

  3. Clara says:

    hmm.. saia setuju dengan sampeyan mas

  4. Syahroyni says:

    nice share sob . .

    menyambut idul fitri . .
    Minal Aidin Walfaizin . .
    Mohon maaf lahir dan batin . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s