“Makanlah makanan halal dan baik apa-apa yang ada di bumi”. Sebuah ungkapan yang masih terngiang di telinga saya hingga saat ini, ucapan yang pernah dikatakan oleh guru saya sewaktu sekolah dahulu mengutip petikan ayat dalam Qur’anul Kariim. Tentu saja sebagai seorang muslim sudah merupakani konsekuensi iman untuk selalu mematuhi peraturan yang telah di turunkan Allah AWJ. Makan dan minumlah hanya pada sesuatu yang halal dan baik, hanya itu saja. Baik dalam konteks dzatnya, cara memperolehnya dan proses konsumsinya.

Sudah menjadi kewajiban kaum muslim untuk menuruti dan mematuhi hal tersebut. Halal haram merupakan standar yang baku dalam menentukan dasar perbuatan manusia, bukan azas manfaat. Bila telah jelas keharamannya maka wajib ditinggalkan dan sebaliknya jika itu halal maka wajib dilaksanakan dan apabila syubhat maka sebaiknya ditinggalkan. Tak lupa kata halal disandingkan dengan kata baik, meski sesuatu itu halal maka belum dipastkan itu baik. Maka sudah selayaknya kita selalu mengkonsumsi segala sesuatu hanya yang halal dan thoyyib/baik.

Tentu kita sudah memahami bahwa begitu banyak sesuatu yang kita konsumsi itu baik atau tidak dari segi gizi dan sebagainya. Jika dari makanan, maka yang baik secara umum itu buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung vitamin, daging yang mengandung protein, serta makanan yang mengandung karbohidrat juga sangat diperlukan tubuh sebagai sumber energi. Biasa kita kenal dengan empat sehat lima sempurna, tidak lupa untuk menyertakan susu sebagai penyempurna asupan gizi bagi tubuh kita. Dimana susu mengandung protein dan lemak yang juga memiliki peran penting bagi tubuh. Karena minuman yang bisa dibilang rajanya minuman dan yang nanti tersedia di surga itu yakni susu dan madu.

Saat ini begitu banyak produk susu yang beredar di pasaran menawarkan banyak kelebihannya dari masing-masing produsen. Dan oleh karena itu sebagai konsumen kita harus lebih cermat dalam memilih susu yang tepat, tentu sesuai kaidah diawal tulisan ini yakni produk itu harus halal dan baik. Inovasi yang dilakukan produsen susu hendaknya juga tetap mengedepankan kaidah halal haram, sehingga selain tercipta produk yang baik dari segi mutu juga merupakan produk yang halal sehingga faktor keberkahan atas produk tersebut ada.

Sebagai konsumen yang cermat, kita bukan hanya harus memperhatikan baik tidak atau cocok tidaknya susu yang dikonsumsi namun juga harus memperhatikan kandungan dari hasil inovasi susu tersebut. Setiap inovasi yang dilakukan perusahaan selain harus mendapat perhatian dari konsumen juga harus dengan ketat diawasi otoritas yang berwenang dalam hal ini BPOM beserta pihak lain yang terkait demi menjaga agar inovasi produk susu  tetap aman dan memenuhi standar.

Media online saat ini bisa dibilang menjadi sarana alternatif dalam menyampaikan informasi kepada publik dimana lebih interaktif dan real time. Merebaknya komunitas blogger di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk mengkampanyekan hal-hal semacam ini apalagi pengakses internet di Indonesia menurut data terakhir yang saya baca telah mencapai lebih dari 51 juta pengguna pada awal tahun 2012. Melalui postingan di blog ini, semoga dapat mengingatkan kita kembali baik penulis maupun pembaca akan pentingnya kehalalan dan baiknya sesuatu yang kita konsumsi sehingga apa yang masuk kedalam tubuh kita dan kemudian menjadi aliran darah merupakan sesuatu yang suci dan berkah.

Dan tidak lupa juga diharapkan peningkatan kualitas pelayanan para produsen susu agar dapat selalu memenuhi standar yang telah ditetapkan pihak yang berwenang serta bagi pihak yang berwenang untuk senantiasa mengawasi produsen susu dan produk-produk inovasi susu yang beredar dipasaran. Sehingga tercipta kondisi yang tidak ada pihak yang merasa dirugikan baik itu konsumen dan produsen susu.

About NcangDaus

Tentang saya? kiranya ngga terlalu penting, nikmatilah tulisan ini tanpa harus tahu siapa penulisnya... :):D:D:D

4 responses »

  1. affanibnu says:

    salam hangat dan sukses selalu.. 🙂

  2. Ilham says:

    moga menang kontesnya ya gan…

    • Uz 1453 says:

      ngakak Gan, lantaran ane ngga teliti liat ingpoh ni lomba taunya deadline dah ditutup tanggal 4 juli… 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s